Mengatasi White Spot Pada LCD Laptop

 Mengatasi White Spot Pada LCD Laptop

hallo teman teman disini saya akan sharing pengalaman pribadi ketika laptop saya mengalami white spot, white spot itu saya sadari ketika sedang mengetik di blog saya, sebelum membahas lebih jauh saya akan sharing terlebih dahulu apa itu white spot, ya white spot adalah titik putih pada lcd laptop yang sangat jelas terlihat ketika background berwarna putih, entah itu sedang membuka google atau ms word, hal itu sendiri bisa di sebabkan oleh suhu udara yang lembab, terbentur, dan pemakaian yang kotor, hal itu sangat menggangu bagi saya, ketika menonton film ataupun mengetik selalu saja ter focus pada bulatan putih itu walaupun setitik, lalu saya search di google dan menemukan cara bagaimana cara mengatasinya, namun setelah saya baca cara nya terlalu beresiko karena membongkar seluruh lapisan lcd, saya sempat bimbang waktu itu, antara harus ku tukang service atau membongkar sendiri, dengan berbekal keberanian saya membongkar layar sendiri saja, oiya merk laptop saya  adalah AS*S, saya lihat tutor cara membongkar lcd nya di youtube, lalu saya ikuti tata caranya, tapi saya tidak bertanggung jawab ya jika kerusakan yang anda tanggung semakin parah, tapi setidak nya saya juga berani dulu dan tidak asal asalan saat mencoba, bahan bahan yang anda butuhkan adalah :
1.    Lakban Hitam
2.    Gunting
3.    Cotton Bud atau Kapas
4.    Alcohol atau Minyak Kayu Putih (tapi saya tidak memakai keduanya)
5.     Obeng
Pertama anda cari dulu baut di cover layar anda, setelah baut di lepas, lalu masukan jari atau kuku anda pada cover layar anda, jangan tergesa gesa dan lakukan secara hati hati karna dapat menyebabkan si pengait cover nya patah dan tidak menempel dengan sempurna ketika di pasang, setelah terlepas cover itu, baru terlihat lcd nya, lalu lepas semua baut penyangga lcd, tak perlu melepas soket lcd, agar si layar tidak bergaris, karena layar bergaris di sebabkan dari soket biasa nya, setelah baut lcd terlepas lalu buka si lakban hitam yang mengelilingi lcd, ingat harus dengan hati hati, karna lcd rentan sekali, dan setelah terlepas anda tinggal membuka lapisan lcd, biasanya terdapat 4 lapisan pada lcd, tapi si white spot ini bisasanya terdapat di bagian lapisan pertama bagian depan dekat kaca, oiya bongkar dengan hati hati karna si kacanya takut tertekan dan retak, whitespot juga biasanya ada pada bagian seperti kanvas di paling belakang Bersama backlight, anda hidupkan laptopnya agar bisa terlihat dimana si white spot ini berada, cari di setiap lapisan lcd, dan saya sarankan di tempat yang tertutup agar si lcd tidak terpapar debu, jika sudah di ketahui dimana letak nya berada tinggal di bersihkan, memakai alcohol dan kayu putih jika perlu, tapi saya tidak memakainya karna di lap dengan cotton bud saja sudah menghilang, setelah white spot itu menghilang, rekatkan kembali lcd dengan lakban, kalau bisa harus beres, jika tak bisa juga tak apa, tapi bagian depan layar harus mengikuti si bekas lakban aslinya agar tidak mengenai layar saat di pasang cover nantinya, jika sudah di lakban pasang kembali seperti semula, dan selesai, memang dibutuhkan ketelitian, hati hati dan sedikit keberanian, namun apa salahnya mencoba, kalau tidak berhasil tinggal serahkan saja ke ahlinya, sekian dari saya semoga bermanfaat dan berhasil, saya tidak bertanggung jawab jika layar lcd anda semakin parah, tapi mungkin jika di lakukan dengan benar akan berhasil, selamat mencoba, oh iya, untuk foto nya saya akan lampirkan di bawah ini, terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Lagu Indie Terbaik Menurut Opini Pribadi